021 22869393 Layanan 7 Hari 24 Jam

Keutamaan Memperbanyak Sujud dan Doa

Keutamaan Memperbanyak Sujud dan Doa Keutamaan Memperbanyak Sujud dan Doa

Memperbanyak sujud dalam shalat atau maksudnya adalah memperbanyak shalat itu sendiri (yaitu khususnya shalat sunnah), memiliki banyak keutamaan. Di antaranya dapat meninggikan derajat seseorang dan juga menghapuskan dosa-dosanya.

Ma’dan bin Abi Tholhah Al Ya’mariy, ia berkata, “Aku pernah bertemu Tsauban –bekas budak Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam-,  lalu aku berkata padanya, ‘Beritahukanlah padaku suatu amalan yang karenanya Allah memasukkanku ke dalam surga’.” Atau Ma’dan berkata, “Aku berkata pada Tsauban, ‘Beritahukan padaku suatu amalan yang dicintai Allah’.” Ketika ditanya, Tsauban malah diam.

 

Kemudian ditanya kedua kalinya, ia pun masih diam. Sampai ketiga kalinya, Tsauban berkata, ‘Aku pernah menanyakan hal yang ditanyakan tadi pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam. Beliau bersabda,

عَلَيْكَ بِكَثْرَةِ السُّجُودِ لِلَّهِ فَإِنَّكَ لاَ تَسْجُدُ لِلَّهِ سَجْدَةً إِلاَّ رَفَعَكَ اللَّهُ بِهَا دَرَجَةً وَحَطَّ عَنْكَ بِهَا خَطِيئَةً

Hendaklah engkau memperbanyak sujud (perbanyak shalat) kepada Allah. Karena tidaklah engkau memperbanyak sujud karena Allah melainkan Allah akan meninggikan derajatmu dan menghapuskan dosamu’.” Lalu Ma’dan berkata, “Aku pun pernah bertemu Abu Darda’ dan bertanya hal yang sama. Lalu sahabat Abu Darda’ menjawab sebagaimana yang dijawab oleh Tsauban padaku.” (HR. Muslim no. 488)

 

Faedah dari hadits di atas:

Semangat para sahabat dan tabi’in dalam kebaikan. Buktinya adalah mereka selalu bertanya pada hal yang bermanfaat bagi akhirat mereka serta hal yang dapat mendekatkan diri mereka pada Allah dan dapat meraih ridho-Nya. Juga yang mereka tanyakan adalah yang dapat menjauhkan dari sebab murka Allah.

 

Hadits di atas menunjukkan keutamaan (fadhilah) memperbanyak shalat khususnya shalat sunnah. Itulah maksud memperbanyak sujud. Mengenai keutamaan amalan sunnah disebutkan dalam hadits qudsi,

وَمَا يَزَالُ عَبْدِى يَتَقَرَّبُ إِلَىَّ بِالنَّوَافِلِ حَتَّى أُحِبَّهُ ، فَإِذَا أَحْبَبْتُهُ كُنْتُ سَمْعَهُ الَّذِى يَسْمَعُ بِهِ ، وَبَصَرَهُ الَّذِى يُبْصِرُ بِهِ ، وَيَدَهُ الَّتِى يَبْطُشُ بِهَا وَرِجْلَهُ الَّتِى يَمْشِى بِهَا

Tidaklah hamba-Ku mendekatkan diri kepada-Ku dengan amalan sunnah hingga Aku pun mencintainya. Jika Aku mencintainya, maka pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, penglihatan yang ia gunakan untuk melihat, tangan yang ia gunakan untuk menyentuh, dan kaki yang ia gunakan untuk berjalan akan Aku beri taufik” (HR. Al Bukhari no. 6502).

 

Kurang tepat jika dimaksudkan dengan hadits ini adalah memperbanyak sujud-sujud lainnya di luar shalat seperti keyakinan sebagian orang yang melazimkan sujud syukur setiap kali selesai shalat sebagaimana yang sering kita saksikan. Seperti ini tidak ada dasarnya. Karena jika sujud semacam itu baik, tentu para sahabat lebih mendahului kita dalam melakukannya. Wallahu a’lam.

 

Hadits ini menunjukkan keutamaan sujud karena sujud merupakan amalan yang menampakkan tingginya ketundukan seseorang pada Allah. Ketika sujud, hamba meletakkan anggota tubuhnya yang paling mulia ke tanah untuk dihadapkan pada Allah, Rabb semesta alam.

 

Tidak boleh bagi seorang pun bersujud pada yang lainnya (selain Allah) karena sujud adalah hak Allah Ta’ala, sehingga seorang hamba harus menujukannya pada Allah semata. Walaupun dalam syari’at sebelum syariat Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam dibolehkan untuk sujud pada makhluk sebagai bentuk hormat (bukan sujud ibadah) sebagaimana sujud ayah Yusuf dan saudara-saudaranya ketika menemui Nabi Yusuf.

 

Sujud kepada berhala dan kubur orang sholeh merupakan perbuatan syirik akbar (besar) yang mengeluarkan seseorang dari Islam. Semoga kita dilindungi Allah dari perbuatan syirik semacam itu.

 

Tidaklah disebut sujud kecuali jika seseorang bersujud dengan menempelkan tujuh anggota tubuhnya (ke tanah), yaitu dahi dan hidung, kedua telapak tangan, kedua lutut dan kedua kaki. Jika seseorang tidak meletakkan tujuh anggota tadi pada tanah semisal kedua kakinya diangkat sampai selesai sujud, maka sujudnya tidak sah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Aku perintahkan untuk sujud pada tujuh tulang …”. (HR. Bukhari no. 812 dan Muslim no. 490)

 

Sebarkan Ini

Komentar Anda

Testimonial

  • Brigjen Polisi Nurwindianto

    Brigjen Nurwindianto

    Direktur Pengamanan dan Pengawasan BNP2TKI

    Saya dan keluarga bulan Desember 2016 lalu melaksanakan umroh sekaligus wisata ke Turki, sangat puas dengan pelayanan dari Salam Tour, saya ingat betul bagaimana staff dari salam tour sangat cekatan dan profesional mendampingi jamaah, saya dan keluarga sangat merekomendasi Salam Tour

  • Ibu Hj Engkud

    Ibu Hj Engkud

    Jamaah Salam Tour

    Ibu Hj Engkud

    Allhamdulillah pelayanan dari salamtour baik, dari segi makanan cukup memuaskan , dari segi penerbangan enak.
    sudah 3 kali saya umroh bersama salamtour.com karena sangat memuaskan, dan kalau ada orangtua yang sepuh selalu dibimbing dan selalu di dampingi, oleh karena itu saya selalu mengajak teman teman untuk umroh bersama salamtour.
    saya tidak tergoda umroh murah karena ada harga ada rupa walupun sering di ajak umroh murah saya tetap menggunakan salamtour.

  • Ibu Erna dari Cirebon

    Ibu Erna

    Jamaah Salam Tour

    Ibu Erna dari Cirebon

    Allhamdulillah selalu menggunakan salamtour, karena pelayanan memuaskan , semua fasilitas yang diberikan salamtour kami puas , penerbangan langsung madinah dan selalu tepat waktu.
    Kenapa saya selalu dengan salamtour, karena semua sudah pasti walau booking dari jauh jauh hari. kesan dari pengalaman saya salamtour sangat memuaskan

  • Bapak H Sadika

    Bapak H Sadika

    Jamaah Salam Tour

    H Sadika dari Cirebon

    Allhamdulillah sudah 4 kali umroh dengan salamtour
    Yang membuat saya senang dengan salamtour apa yang diinfokan itu tidak pernah meleset
    umroh pertama saya bersama salamtour, umroh kedua saya coba dengan travel lain tetapi tidak sesuai dengan yang diinfokan, sebab itu umroh saya selanjutnya kembali ke salamtour
    Walaupun saya di tawarkan umroh murah, saya tidak tertarik karena pengalaman yang saya dapatkan,
    Dan saya pernah memberangkatkan kaka saya yang sudah sepuh bersama salamtour, Allhamdulillah yang sudah sepuh justru mendapatkan pelayanan yang sangat baik, dan benar benar di nomor satukan.

  • Bapak Haji Arif

    Bapak Haji Arif

    Jamaah Salam Tour

    Bapak H Arif dari cirebon

    Allhamdulillah di umroh saya yang pertama ini program 9 hari pelayanan sangat baik sekali terutama dari segi makanan menu indonesia tepatnya catering dari cirebon, dan dari segi ibadah umroh baik yang mengawal maupun yang membimbing alhamdulillah sangat baik sekali dan saya sarankan bagi yang mau ibadah umroh bisa bersama salamtour.com
    Dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah saya sarankan menggunakan salamtour Insya Allah Mabrur

  • Bapak Ewi dari Indramayu - salam tour umroh haji

    Bapak Ewi

    Jamaah Salam Tour

    Bapak Ewi dari Indramayu

    Allhamdulillah hampir setiap tahun saya atau keluarga saya bisa berumroh dan selalu bersama salamtour, karena pelayanan dari mulai cirebon , tanah suci dan kembali lagi ke cirebon sangat memuaskan dan tidak perlu di ragukan lagi, dari segi makanan, penerbangan menggunakan saudi airlines langsung Madinah.
    di tanya tentang pengalaman yang mengesankan saya tidak bisa menjawab dengan kata kata, hingga saya dengan salamtour sudah seperti saudara erat sekali.
    Pesan saya, untuk yang belum tahu salamtour segera datang ke salamtour dan dapatkan informasi yang lengkap.

  • DR.H.Zakaria machmud.Msi testimonial salamtour

    DR.H.Zakaria machmud.Msi

    rektor UNSWAGATI

    ya allhamdulillah tahun 2008 yang lalu , saya beserta keluarga melaksanakan ibadah umroh
    melalui atau di tangani oleh biro perjalanan salamtour dan saya sangat berkesan dalam perjalanan itu
    terutama dalam aspek management

  • Ibu Hj.Muhammad testimonial salamtour

    Ibu Hj.Muhammad

    Pengusaha Rempah Rempah

    salamtour sangat baik , ada semacam reuni , yang lain kan jarang ada yang kaya gitu ,
    jadi salamtour , allhamdulillah tiap tahun ada semacam seperti silaturahminya dalam bisninsnya juga saling mengisi ..

  • testimonial umroh untuk salamtour

    Prof Dr.H.Rohmin Dahuri

    Menteri kelautan RI Periode 2000-2004

    ya alhamdulillah , kalau nawaitu kita , kita ber umroh dan berhaji itu karna Allah .
    ingin menjadi haji yang mabrur juga umroh yang mabrur
    maka salamtour , pengalaman yang saya ikuti waktu di bulan maret tahun lalu itu sangat memuaskan ,
    dalam arti apa yang di jelaskan dalam brosur maupun pada ucapan itu terpenuhi semua di tanah suci ..

  • h suryo sutrisno jamaah salamtour

    H.Suryo Sutrisno

    Pengusaha Besi

    tidak ada yang di kecewakan , bahkan selalu , selalu , tidak adalah .
    tidak ada kecewa sama sekali , makanan , pengaturan , mau kemana aja di anter bahkan dari pihak salamtour berani korban waktu

  • Ust Faiz jamaah salamtour

    Ust. Faiz

    Da'i Jakarta

    Salamtour bukan hanya sebuah travel yang berbaziz pencarian dunia
    tetapi berbaziz silaturahim , kenapa saya katakan demikian
    karna dari awal sampai pemberangkatan hingga pulang ke tanah air
    rasa kekelurgaan , kebersamaan , persaudaraan sesama jamaah masih terasa sampai kita ke tanah air

Temukan Jadwal Umroh Anda Sekarang!

Pilih Jadwal Umroh Anda Sekarang!

Berangkat Kapan Saja, Banyak Jadwal Tersedia.

Jadwal Umroh Terbaru
Footer Detail Artikel