021 22869393 Layanan 7 Hari 24 Jam

Cari Tahu Cara Menyambut Bulan Ramadhan !

Cari Tahu Cara Menyambut Bulan Ramadhan ! Cari Tahu Cara Menyambut Bulan Ramadhan !

Dalam hitungan hari lagi semoga kita dapat bertemu dengan bulan yang mulia, bulan agung yang penuh berkah, yaitu bulan suci Ramadhan. Umat Islam di seluruh dunia sudah tentu merindukan kedatangan bulan penuh rahmah.

 

Rasa rindu yang cukup beralasan karena bulan Ramadhan datang setahun sekali. Ibarat seorang yang kita kasihi, setelah sekian lama tak bertemu, ia sangat merindukannya. Demikian pula dengan Ramadhan, ia ibarat kekasih bagi orang yang beriman.

 

Sebegitu mulianya bulan Ramadhan ini sampai-sampai Rasulullah SAW. dan para sahabatnya mempersiapkan kedatangan bulan Ramadhan jauh-jauh hari sebelumnya. Seperti apa sih, Rasulullah SAW dan para sahabatnya menyambut bulan Ramadhan? 

 

Dalam artikel ini akan kami disebutkan beberapa tips menyambut Ramadhan. Dijelaskan bahwa masa penyambutan bulan Ramadhan setidaknya berlangsung selama bulan Sya’ban hingga Ramadhan tiba.

 

Ada dua bentuk persiapan yang mesti dilakukan Umat Muslim, yaitu persiapan mental dan persiapan amal.

 

Persiapan mental yaitu dengan mengingat-ingat keutamaan Ramadhan dan berdoa.

 

Persiapan amal adalah dengan banyak berpuasa dan banyak membaca Alquran.

 

Agar mental kita lebih siap dalam memasuki bulan Ramadhan, maka cara terbaik adalah dengan mengingat-ingat keutamaan Ramadhan. Sebab, keutamaan inilah yang akan memotivasi seorang Muslim untuk menjalani kewajiban puasa Ramadhan dan berbagai amalan-amalan pendukungnya dengan penuh semangat.

 

Keutamaan bulan Ramadhan

Banyak sekali keutamaan bulan Ramadhan di antaranya sebagai bulan berkah, bulan diampuninya dosa, bulan diturunkannya Al-Qur’an, setan dibelenggu, malam lailatul qadr, dan masih banyak lagi. Tidak salah jika Ramadhan disebut sebagai bulan investasi amal dan panen pahala.

 

Di samping mengingat keutamaan Ramadhan, yang utama juga adalah berdoa. Berdoa berarti mempersiapkan mental dan hati. Rasulullah SAW, jika telah memasuki bulan Rajab, beliau memanjatkan doa, “Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban, dan berkahi pula kami di bulan Ramadhan.” (HR Imam Ahmad)

Yahya bin Abi Katsir berkata, “Di antara doa-doa orang saleh ketika menyambut Ramadhan adalah sebagai berikut: 'Ya Allah, pertemukanlah aku dengan bulan Ramadhan, dan selamatkanlah Ramadhan bagiku, dan terimalah Ramadhan itu dariku.”

 

Selain persiapan mental, persiapan lainnya adalah persiapan amal. Seperti telah disebutkan di awal, yaitu membiasakan berpuasa sebelum memasuki bulan Ramadhan dan memperbanyak tilawah Alquran.

Terkait memperbanyak puasa sebelum Ramadhan, terdapat riwayat dari Bukhari, “Diriwayatkan dari Aisyah ra,  ia berkata, ‘Rasulullah SAW berpuasa hingga kami mengira beliau tidak berbuka, dan beliau berbuka hingga kami mengira beliau tidak puasa. Tidaklah kami melihat Rasulullah menyempurnakan puasanya sebulan penuh selain bulan Ramadhan, dan tidaklah kami melihat beliau puasa lebih banyak selain bulan Sya’ban.” (HR Bukhari)

 

Ibnu Rajab berkata, “Sebagian ulama berpendapat bahwa puasa di bulan Sya’ban itu ibarat latihan untuk menghadapi puasa Ramadhan agar seseorang tidak merasa terbebani dengan puasanya ketika Ramadhan tiba.”

Hikmah memperbanyak puasa di bulan Sya’ban adalah sebagai persiapan dan pembiasaan untuk melaksanakan puasa wajib di bulan Ramadhan. Sebab,  orang yang belum terbiasa berpuasa kadang lupa bahwa mereka sedang berada di bulan Ramadhan.

 

 Adapun persiapan amal yang kedua adalah memperbanyak baca Alquran.  Anas bin Malik ra berkata, “Ketika kaum Muslimin memasuki bulan Sya’ban, mereka sibuk membaca Alquran dan mengeluarkan zakat mal untuk membantu fakir miskin yang berpuasa.” Seorang salafush-shalih juga pernah berkata, “Sya’ban adalah bulan para pembaca Alquran.”

 

Muslim yang terbiasa menjaga wirid Alquran (sebelum Ramadhan) akan bisa menjaga kebiasaan tersebut pada bulan Ramadhan. Seseorang yang baru mulai membaca Alquran setelah lama tidak membaca Alquran, kemudian ia mencoba membaca beberapa ayat saja, ia akan tidak sanggup untuk melanjutkannya.

 

Itulah kondisi Alquran bersama orang-orang yang lalai. Alquran adalah obat jiwa. Jika kita sering menjauh darinya,  menjadikan hati kita  kotor penuh karat dan titik hitam. Jadi, ketika hati merasa berat dan sulit, ayat-ayat yang pertama kita baca akan menjadi pembersih hati. Jika kita mau melawan perasaan tersebut maka Alquran memainkan perannya sehingga hati kembali menjadi bersih dan siap menerima cahayanya. Dalam kondisi seperti ini,  maka seseorang akan menjadi “mukmin”, sebagaimana firman Allah berikut,

 

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman itu adalah mereka yang jika disebut nama Allah, gemetarlah hati mereka, dan jika dibacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, bertambahlah keimanan mereka (karenanya) dan kepada Rabb-lah mereka bertawakal.”  (QS al-Anfal [6]: 2)

 

Demikianlah beberapa tips singkat menyambut bulan suci Ramadhan. Selamat mencoba!  Ingat, menyambut Ramadhan bukan dengan sibuk menyiapkan seabreg menu dan penunjangnya.

Selamat menyambut Ramadhan!!!

Sebarkan Ini

Komentar Anda

Testimonial

  • Brigjen Polisi Nurwindianto

    Brigjen Nurwindianto

    Direktur Pengamanan dan Pengawasan BNP2TKI

    Saya dan keluarga bulan Desember 2016 lalu melaksanakan umroh sekaligus wisata ke Turki, sangat puas dengan pelayanan dari Salam Tour, saya ingat betul bagaimana staff dari salam tour sangat cekatan dan profesional mendampingi jamaah, saya dan keluarga sangat merekomendasi Salam Tour

  • Ibu Hj Engkud

    Ibu Hj Engkud

    Jamaah Salam Tour

    Ibu Hj Engkud

    Allhamdulillah pelayanan dari salamtour baik, dari segi makanan cukup memuaskan , dari segi penerbangan enak.
    sudah 3 kali saya umroh bersama salamtour.com karena sangat memuaskan, dan kalau ada orangtua yang sepuh selalu dibimbing dan selalu di dampingi, oleh karena itu saya selalu mengajak teman teman untuk umroh bersama salamtour.
    saya tidak tergoda umroh murah karena ada harga ada rupa walupun sering di ajak umroh murah saya tetap menggunakan salamtour.

  • Ibu Erna dari Cirebon

    Ibu Erna

    Jamaah Salam Tour

    Ibu Erna dari Cirebon

    Allhamdulillah selalu menggunakan salamtour, karena pelayanan memuaskan , semua fasilitas yang diberikan salamtour kami puas , penerbangan langsung madinah dan selalu tepat waktu.
    Kenapa saya selalu dengan salamtour, karena semua sudah pasti walau booking dari jauh jauh hari. kesan dari pengalaman saya salamtour sangat memuaskan

  • Bapak H Sadika

    Bapak H Sadika

    Jamaah Salam Tour

    H Sadika dari Cirebon

    Allhamdulillah sudah 4 kali umroh dengan salamtour
    Yang membuat saya senang dengan salamtour apa yang diinfokan itu tidak pernah meleset
    umroh pertama saya bersama salamtour, umroh kedua saya coba dengan travel lain tetapi tidak sesuai dengan yang diinfokan, sebab itu umroh saya selanjutnya kembali ke salamtour
    Walaupun saya di tawarkan umroh murah, saya tidak tertarik karena pengalaman yang saya dapatkan,
    Dan saya pernah memberangkatkan kaka saya yang sudah sepuh bersama salamtour, Allhamdulillah yang sudah sepuh justru mendapatkan pelayanan yang sangat baik, dan benar benar di nomor satukan.

  • Bapak Haji Arif

    Bapak Haji Arif

    Jamaah Salam Tour

    Bapak H Arif dari cirebon

    Allhamdulillah di umroh saya yang pertama ini program 9 hari pelayanan sangat baik sekali terutama dari segi makanan menu indonesia tepatnya catering dari cirebon, dan dari segi ibadah umroh baik yang mengawal maupun yang membimbing alhamdulillah sangat baik sekali dan saya sarankan bagi yang mau ibadah umroh bisa bersama salamtour.com
    Dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah saya sarankan menggunakan salamtour Insya Allah Mabrur

  • Bapak Ewi dari Indramayu - salam tour umroh haji

    Bapak Ewi

    Jamaah Salam Tour

    Bapak Ewi dari Indramayu

    Allhamdulillah hampir setiap tahun saya atau keluarga saya bisa berumroh dan selalu bersama salamtour, karena pelayanan dari mulai cirebon , tanah suci dan kembali lagi ke cirebon sangat memuaskan dan tidak perlu di ragukan lagi, dari segi makanan, penerbangan menggunakan saudi airlines langsung Madinah.
    di tanya tentang pengalaman yang mengesankan saya tidak bisa menjawab dengan kata kata, hingga saya dengan salamtour sudah seperti saudara erat sekali.
    Pesan saya, untuk yang belum tahu salamtour segera datang ke salamtour dan dapatkan informasi yang lengkap.

  • DR.H.Zakaria machmud.Msi testimonial salamtour

    DR.H.Zakaria machmud.Msi

    rektor UNSWAGATI

    ya allhamdulillah tahun 2008 yang lalu , saya beserta keluarga melaksanakan ibadah umroh
    melalui atau di tangani oleh biro perjalanan salamtour dan saya sangat berkesan dalam perjalanan itu
    terutama dalam aspek management

  • Ibu Hj.Muhammad testimonial salamtour

    Ibu Hj.Muhammad

    Pengusaha Rempah Rempah

    salamtour sangat baik , ada semacam reuni , yang lain kan jarang ada yang kaya gitu ,
    jadi salamtour , allhamdulillah tiap tahun ada semacam seperti silaturahminya dalam bisninsnya juga saling mengisi ..

  • testimonial umroh untuk salamtour

    Prof Dr.H.Rohmin Dahuri

    Menteri kelautan RI Periode 2000-2004

    ya alhamdulillah , kalau nawaitu kita , kita ber umroh dan berhaji itu karna Allah .
    ingin menjadi haji yang mabrur juga umroh yang mabrur
    maka salamtour , pengalaman yang saya ikuti waktu di bulan maret tahun lalu itu sangat memuaskan ,
    dalam arti apa yang di jelaskan dalam brosur maupun pada ucapan itu terpenuhi semua di tanah suci ..

  • h suryo sutrisno jamaah salamtour

    H.Suryo Sutrisno

    Pengusaha Besi

    tidak ada yang di kecewakan , bahkan selalu , selalu , tidak adalah .
    tidak ada kecewa sama sekali , makanan , pengaturan , mau kemana aja di anter bahkan dari pihak salamtour berani korban waktu

  • Ust Faiz jamaah salamtour

    Ust. Faiz

    Da'i Jakarta

    Salamtour bukan hanya sebuah travel yang berbaziz pencarian dunia
    tetapi berbaziz silaturahim , kenapa saya katakan demikian
    karna dari awal sampai pemberangkatan hingga pulang ke tanah air
    rasa kekelurgaan , kebersamaan , persaudaraan sesama jamaah masih terasa sampai kita ke tanah air

Temukan Jadwal Umroh Anda Sekarang!

Pilih Jadwal Umroh Anda Sekarang!

Berangkat Kapan Saja, Banyak Jadwal Tersedia.

Jadwal Umroh Terbaru
Footer Detail Artikel