021 22869393 Layanan 7 Hari 24 Jam

Kerajaan Saudi Arabia Kembangkan Bukit-Bukit Bersejarah di Kota Makkah

Kerajaan Saudi Arabia Kembangkan Bukit-Bukit Bersejarah di Kota Makkah Kerajaan Saudi Arabia Kembangkan Bukit-Bukit Bersejarah di Kota Makkah

Komisi Pariwisata dan Warisan Budaya Saudi (SCTH) telah mengulangi rencananya untuk merehabilitasi gunung-gunung bersejarah di Makkah. Tindakan ini dilakukan untuk merayu peziarah dari berbagai belahan dunia Islam untuk mengunjungi lokasi-lokasi tersebut.

Bukit Jabal Al-Nuurr, di mana ayat-ayat pertama Alquran diturunkan, termasuk di antara sedikit situs di Makkah yang masih dipertahankan sejak zaman Nabi meskipun tidak memiliki kepentingan dalam upacara keagamaan ziarah wajib. Selain gunung yang dihormati ini, otoritas pariwisata Kerajaan telah berjanji untuk mengembangkan tiga situs bersejarah di kota suci, termasuk Jabal Ghar Thawr, tempat Nabi dan rekannya Abu Bakr bersembunyi dari musuh selama hijrah mereka ke Madinah.

 

Dua situs lainnya adalah Hudaybiyyah. Tempat ini adalah di mana Muhammad (SAW) menandatangani gencatan senjata 10 tahun dengan orang-orang kafir Mekah, dan jalan yang ditempuh Nabi dan rekannya untuk perjalanan bersejarah mereka dari Makkah ke Madinah, yang kemudian dikenal sebagai Hijrah Nabi (saw).

Seperti itu diketahui, jamaah haji membentuk sebagian besar pengunjung asing tahunan Arab Saudi yang itu mencapai 20 juta orang yang terpisah dari pekerja dan pelancong bisnis. Hampir 2,4 juta orang datang untuk haji dan umroh terakhir, naik dari 1,9 juta tahun sebelumnya, dan 7,5 juta orang melakukan ziarah umrah di tahun 2016.
Arab Saudi berencana untuk meningkatkan jumlah jamaah haji dan haji menjadi 15 juta dan 5 juta masing-masing pada tahun 2020. Selain itu berharap dapat melipatgandakan jumlah Umrah menjadi 30 juta orang pada tahun 2030.

Situs turis

Sumber SCTH yang diinformasikan mengungkapkan rencana komisi tersebut untuk membangun sebuah proyek untuk mengembangkan Jabal Noor dan Jabal Thawr ke lokasi-lokasi wisata. Saat ini, pekerja asing ilegal adalah orang-orang yang memberikan berbagai serivices ke sejumlah besar peziarah yang mengunjungi pegunungan bersejarah itu.

Warga yang tinggal di daerah tersebut pun telah mendesak komisi tersebut untuk melaksanakan sejumlah proyek untuk memfasilitasi kunjungan ke lokasi dan untuk menyingkirkan tempat pekerja asing ilegal.

"Kami akan membangun bangunan di kaki dua gunung itu. Kami juga akan mendirikan sebuah pusat pameran kecil untuk menampilkan barang-barang antik di Makkah. Proyek ini akan segera dilaksanakan, "kata sumber SCTH kepada Saudi Gazette.

Nasser Abdul Rahman, seorang Saudi yang tinggal di lingkungan Ghar Thawr, mengatakan bahwa lebih dari 10 pekerja Asia tinggal di gunung tersebut. "Orang-orang Asia ini menggunakan keledai untuk membawa bahan makanan ke gunung dan menjualnya dengan harga tinggi kepada pengunjung gua," kata Abdul Rahman.

Sebuah generator listrik menyalakan puncak gunung tempat para migran ilegal ini mendirikan toko-toko. "Petugas ilegal ini menempati gunung ini untuk menghindari petugas keamanan dan inspektur kota," kata Abdul Rahman sambil mendesak SCTH untuk mengembangkan kawasan tersebut demi keuntungan pengunjung.

 

Dia mengatakan bahwa pekerja asing ilegal juga mengendalikan jalan menuju Gua Thawr dan daerah sekitarnya. "Mereka tidak berbicara bahasa Arab dan setiap kali melihat orang asing, mereka akan mendaki gunung untuk bersembunyi."
Pekerja asing

Ahmed Al-Saeedi, penduduk lain, menekankan perlunya mengembangkan Jabal Thawr dan daerah-daerah sekitarnya oleh komisi tersebut untuk mencegah pekerja asing ilegal menggunakannya sebagai tempat persembunyian. "Tidak adanya SCTH dari tempat kejadian telah memberi kesempatan kepada petugas ekspatriat ilegal untuk mengendalikan tempat bersejarah tersebut," tambahnya.

Dr Fawaz Al-Dahhas, profesor sejarah Islam di Universitas Umm Al-Qura, mengatakan bahwa Jabal Al-Thawr memiliki tempat penting dalam sejarah Islam. "Nabi Muhammad SAW tinggal di dalam Gua Thawr selama tiga malam bersembunyi dari Quraisy di Makkah saat dia pindah ke Madinah. Dia dan sahabat  Abu Bakar, meninggalkan gua itu hanya setelah menerima informasi. bahwa orang Quraisy telah meninggalkan pencarian kuat mereka untuk menangkap Nabi, "jelasnya.

 

sumber:. ihram.co.id

Sebarkan Ini

Komentar Anda

Testimonial

  • Brigjen Polisi Nurwindianto

    Brigjen Nurwindianto

    Direktur Pengamanan dan Pengawasan BNP2TKI

    Saya dan keluarga bulan Desember 2016 lalu melaksanakan umroh sekaligus wisata ke Turki, sangat puas dengan pelayanan dari Salam Tour, saya ingat betul bagaimana staff dari salam tour sangat cekatan dan profesional mendampingi jamaah, saya dan keluarga sangat merekomendasi Salam Tour

  • Ibu Hj Engkud

    Ibu Hj Engkud

    Jamaah Salam Tour

    Ibu Hj Engkud

    Allhamdulillah pelayanan dari salamtour baik, dari segi makanan cukup memuaskan , dari segi penerbangan enak.
    sudah 3 kali saya umroh bersama salamtour.com karena sangat memuaskan, dan kalau ada orangtua yang sepuh selalu dibimbing dan selalu di dampingi, oleh karena itu saya selalu mengajak teman teman untuk umroh bersama salamtour.
    saya tidak tergoda umroh murah karena ada harga ada rupa walupun sering di ajak umroh murah saya tetap menggunakan salamtour.

  • Ibu Erna dari Cirebon

    Ibu Erna

    Jamaah Salam Tour

    Ibu Erna dari Cirebon

    Allhamdulillah selalu menggunakan salamtour, karena pelayanan memuaskan , semua fasilitas yang diberikan salamtour kami puas , penerbangan langsung madinah dan selalu tepat waktu.
    Kenapa saya selalu dengan salamtour, karena semua sudah pasti walau booking dari jauh jauh hari. kesan dari pengalaman saya salamtour sangat memuaskan

  • Bapak H Sadika

    Bapak H Sadika

    Jamaah Salam Tour

    H Sadika dari Cirebon

    Allhamdulillah sudah 4 kali umroh dengan salamtour
    Yang membuat saya senang dengan salamtour apa yang diinfokan itu tidak pernah meleset
    umroh pertama saya bersama salamtour, umroh kedua saya coba dengan travel lain tetapi tidak sesuai dengan yang diinfokan, sebab itu umroh saya selanjutnya kembali ke salamtour
    Walaupun saya di tawarkan umroh murah, saya tidak tertarik karena pengalaman yang saya dapatkan,
    Dan saya pernah memberangkatkan kaka saya yang sudah sepuh bersama salamtour, Allhamdulillah yang sudah sepuh justru mendapatkan pelayanan yang sangat baik, dan benar benar di nomor satukan.

  • Bapak Haji Arif

    Bapak Haji Arif

    Jamaah Salam Tour

    Bapak H Arif dari cirebon

    Allhamdulillah di umroh saya yang pertama ini program 9 hari pelayanan sangat baik sekali terutama dari segi makanan menu indonesia tepatnya catering dari cirebon, dan dari segi ibadah umroh baik yang mengawal maupun yang membimbing alhamdulillah sangat baik sekali dan saya sarankan bagi yang mau ibadah umroh bisa bersama salamtour.com
    Dan jangan mudah tergiur dengan harga yang murah saya sarankan menggunakan salamtour Insya Allah Mabrur

  • Bapak Ewi dari Indramayu - salam tour umroh haji

    Bapak Ewi

    Jamaah Salam Tour

    Bapak Ewi dari Indramayu

    Allhamdulillah hampir setiap tahun saya atau keluarga saya bisa berumroh dan selalu bersama salamtour, karena pelayanan dari mulai cirebon , tanah suci dan kembali lagi ke cirebon sangat memuaskan dan tidak perlu di ragukan lagi, dari segi makanan, penerbangan menggunakan saudi airlines langsung Madinah.
    di tanya tentang pengalaman yang mengesankan saya tidak bisa menjawab dengan kata kata, hingga saya dengan salamtour sudah seperti saudara erat sekali.
    Pesan saya, untuk yang belum tahu salamtour segera datang ke salamtour dan dapatkan informasi yang lengkap.

  • DR.H.Zakaria machmud.Msi testimonial salamtour

    DR.H.Zakaria machmud.Msi

    rektor UNSWAGATI

    ya allhamdulillah tahun 2008 yang lalu , saya beserta keluarga melaksanakan ibadah umroh
    melalui atau di tangani oleh biro perjalanan salamtour dan saya sangat berkesan dalam perjalanan itu
    terutama dalam aspek management

  • Ibu Hj.Muhammad testimonial salamtour

    Ibu Hj.Muhammad

    Pengusaha Rempah Rempah

    salamtour sangat baik , ada semacam reuni , yang lain kan jarang ada yang kaya gitu ,
    jadi salamtour , allhamdulillah tiap tahun ada semacam seperti silaturahminya dalam bisninsnya juga saling mengisi ..

  • testimonial umroh untuk salamtour

    Prof Dr.H.Rohmin Dahuri

    Menteri kelautan RI Periode 2000-2004

    ya alhamdulillah , kalau nawaitu kita , kita ber umroh dan berhaji itu karna Allah .
    ingin menjadi haji yang mabrur juga umroh yang mabrur
    maka salamtour , pengalaman yang saya ikuti waktu di bulan maret tahun lalu itu sangat memuaskan ,
    dalam arti apa yang di jelaskan dalam brosur maupun pada ucapan itu terpenuhi semua di tanah suci ..

  • h suryo sutrisno jamaah salamtour

    H.Suryo Sutrisno

    Pengusaha Besi

    tidak ada yang di kecewakan , bahkan selalu , selalu , tidak adalah .
    tidak ada kecewa sama sekali , makanan , pengaturan , mau kemana aja di anter bahkan dari pihak salamtour berani korban waktu

  • Ust Faiz jamaah salamtour

    Ust. Faiz

    Da'i Jakarta

    Salamtour bukan hanya sebuah travel yang berbaziz pencarian dunia
    tetapi berbaziz silaturahim , kenapa saya katakan demikian
    karna dari awal sampai pemberangkatan hingga pulang ke tanah air
    rasa kekelurgaan , kebersamaan , persaudaraan sesama jamaah masih terasa sampai kita ke tanah air

Temukan Jadwal Umroh Anda Sekarang!

Pilih Jadwal Umroh Anda Sekarang!

Berangkat Kapan Saja, Banyak Jadwal Tersedia.

Jadwal Umroh Terbaru
Footer Detail Artikel